Contoh Soal Psikotes Bentuk Tes Efektifitas Diri Psikologi Terbaru 2018

Contoh Soal Psikotes Bentuk Tes Efektifitas Diri Psikologi Terbaru 2018Contoh Bentuk Tes Efektifitas Diri Soal Psikotes Terbaru 2018 - Tes Efektifitas diri adalah tes psikologi yang dikembangkan oleh Mark Sherer dan James Maddux. Tes ini bertujuan mengetahui seberapa tangkas, dan cekatan seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-
hari dan dalam menyelesaikan berbagai situasi sulit.

Sebelum menjawab soal psikotes tes efektifitas diri ini silahkan baca perhitungan scor, keterangan dan teknik menjawab soal psikotes ini.


Jelaskan reaksi anda terhadap situasi dan keadaan seperti dibawah ini (isi dengan angka 1 atau 14)
1. Ketika membuat suatu perencanaan. Saya yakin dapat melaksanakan rencana tersebut. (   )
2. Saya terkadang tidak bisa segera mulai bekerja ketika saya seharusnya melakukannya (   )
3. Ketika saya gagal melaksanakan tugas untuk pertama kali, maka saya gigih mencobanya sampai berhasil melakukannya (   )
4. Saya jarang mencapai tujuan-tujuan penting yang sudah saya tetapkan sebelumnya (   )
5. Saya menyerah  ketika melakukan sesuatu sebelum saya menyelesaikannya (   )
6. Saya takut akan kesulitan dan selalu menghindarinya (   )

Baca juga:
Pengetahuan Dasar Psikotes Part I
Psikotes Kerja Untuk Calon Karyawan Baru
Tips Lulus Tes Psikotes Menjadi Karyawan Tetap

7. Jika saya menemui sesuatu pekerjaan yang terlihat sulit, saya tak mau mencoba melakukan pekerjaan tersebut (   )
8. Ketika saya harus mengerjakan sesuatu yang sebenarnya saya kurang menyukai hal tersebut, saya tetap menyelesaikannya (   )
9. Jika saya sudah memutuskan melakukan sesuatu, saya langsung segera mengerjakannya tanpa menunda-nunda (   )
10. Jika mencoba hal baru dan tidak berhasil, saya segera menyerah (   )
11. Saya tidak mampu mengatasi masalah-masalah baru yang tak terduga karena hal itu diluar perkiraan saya sebelumnya (   )
12. Saya menghindari mencoba sesuatu yang baru jika terlihat rumit dan kompleks (   )
13. Kegagalan justeru membuat saya berusaha lebih keras dan lebih baik dari sebelumnya (   )
14. Saya  sering merasa kurang yakin dengan kemampuan saya sendiri ketika harus mengerjakan sesuatu (   )
15. Saya dapat mengandalkan diri saya sendiri tanpa harus selalu bergantung pada orang lain (   )
16. Saya sering dan gampang menyerah (   )
17. Sepertinya saya tak mampu mengatasi masalah-masalah kehidupan saya sendiri (   )

Perhitungan Skor
Sistem penilaian adalah dengan skala 14 poin. Berilah poin 1 jika anda “Sangat Tidak Setuju”. Dan
berilah poin 14 jika anda “Sangat Setuju”.

Perasaan Poin
Sangat setuju 14

Sangat tidak setuju 1

Keterangan:
Untuk soal No: 1,3,8,9,13,15 (Segala yang berhubungan dengan hal-hal positif)  Isilah dengan angka 14 jika anda sangat setuju dan poin 1 jika sangat tidak setuju.

Untuk soal No: 2,4,5,6,7,10,11,12,14,16,17 (Segala yang berhubungan dengan hal-hal positif)
Baliklah poin tersebut ( Yaitu isilah dengan angka 1 jika.anda sangat setuju dan isilah dengan angka 14 jika anda sangat tidak setuju). 
Jadi poinnya dibalik (14:1 ,  13:2,  12:3,   dan 
seterusnya)


Teknik Mudah Menjawab Untuk Mendapat Poin Tinggi
Segala pernyataan yang berhubungan dengan hal-hal positif isi dengan angka 14 (setuju) dan segala pernyataan yang berhubungan dengan hal-hal negatif isi dengan angka 14 (tidak setuju)

Skala keefektifan diri
Super Efektif              =  17 soal X 14 poin = 238 poin  (poin sempurna)
Super Tidak Efektif     = 17 soal X 1 poin = 17 poin (poin paling sedikit)

Jika anda meraih poin diatas 200 maka anda termasuk orang yang Efektif (Cekatan, Tangkas
melaksanakan tugas)
Jika anda meraih poin 160-199 maka anda termasuk orang yang sedang-sedang saja tingkat efektifitasnya.
Jika anda meraih poin kurang dari 160 maka anda termasuk orang yang sangat tidak Efektif (Malas,
Lamban, Tidak Tangkas, Tidak Cekatan dalam melaksanakan tugas)

Tips meningkatkan Efektifitas Diri

1.   Kenalilah faktor-faktor ketidakefektifan anda sendiri. Misalnya malas, lamban, mudah.menyerah, tidak gigih menyelesaikan tugs dsb.
2.   Sadarilah kekurangan anda tersebut
3.   Kuatkan tekad untuk memperbaiki diri
4.   Perbaiki kekurangan secara bertahap dan mantap

Mudah-mudahan Contoh Soal Psikotes Bentuk Tes Efektifitas Diri ini bermanfaat dan dapat membantu Anda, Kami mendoakan semoga Anda dapat diterima diperusahaan favorit impian, amin...