Tips Mengerjakan Soal Psikotes SBMPTN tahun 2018 dan Contoh Soal Psikotest Tes Logika Aritmatika

Tips Mengerjakan Soal Psikotes SBMPTN tahun 2018 dan Contoh Soal Psikotest Tes Logika AritmatikaBerbeda dengan soal TPA, soal psikotes lebih menekankan kepada kepribadian seseorang, jadi jika tes potensi akademik itu lebih kepada kepintaran maka tes psikotest cenderung melihat kepribadian yang dimiliki seseorang.

Makanya bagi Anda yang (maaf) bodoh dalam pendidikan, bukan menjadi jaminan Anda gagal dalam tes Psikotes. Berikut ini merupakan Tips Mengerjakan Soal Psikotes dan Contoh Soal Psikotest Tes Logika Aritmatika
Semoga bermanfaat.

Tes Logika Aritmatika

Tes ini terdiri atas deret angka, yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

Baca juga:
Cara Cepat Mengerjakan Soal Psikotes Matematika (Hitungan)
Cara Menjawab Soal Psikotes Contoh Deret Angka
Tips Sederhana Dapat Memenangkan Tes Psikotes

Tipsnya, Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja yaitu jangan terpaku pada 1, 2 angka terdepan dalam deret namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat.

Ingat keterbatasan waktu. Jangan terlalu asyik dan terpaku hanya pada sebuah soal dan membuat anda penasaran dan membuang banyak waktu, lompati ke soal berikutnya karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya.


Anda bisa melatih kemampuan anda ini dari buku-buku tes SBMPTN tahun 2018 untuk materi deret hitung/deret ukur. Contoh:

    16 8 4 2 1 1/2 … …

Pola jawabannya: Setiap angka dikali 1/2 maka lanjutan dari deret tersebut : 1/4 1/8 ... ...

    45 15 18 6 9 3 … …

Pola jawabannya:

    n:3 n+3 n:3 n+3 ... ....

Mudah-mudahan dengan tips mengerjakan soal psikotes SBMPTN dari seri logika aritmatika ini dapat bermanfaat dan semoga Anda dapat lulus seleksi SBMPTN dan diterima di kampus favorit pilihan Anda, amin....