Soal Psikotes 2022: Bentuk Psikotes di Perusahaan (Swasta atau Pemerintah)

Soal Psikotes 2022: Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah tes psikotes (psikologi) namun mungkin diantara kita masih ada yang salah mengartikan tes psikotes tersebut.

Dikutip dari kamus besar bahasa Indonesia psikotes berasal dari kata psiko yang artinya kejiwaan atau mental sedangkan tes artinya ujian atau pengujian, secara sederhana kata psikotes artinya bentuk pengujian mental kejiwaan seseorang.

Jika anda membutuhkan tryout CPNS gratis klik disini

Pengujian mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kondisi batin, keadaan dalam pikiran atau sesuatu yang rohani. Kalau kejiwaan artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan semangat, watak dan karakter seseorang.

Psikotes di Perusahaan
Psikotes yang ada di perusahaan-perusahaan baik swasta atau pemerintah (BUMN) cakupannya lebih meluas, tidak sebatas menilai watak atau karakter saja tetapi juga menguji: Kemampuan (ability), Bakat (aptitude), Kecerdasan (inteligence), Kepribadian (personality) dan Minat (interest).

A. Kemampuan (Ability)
Menurut Robbin (2007:57) pengertian kemampuan yaitu kapasitas seseorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.

Dalam bukunya (2007:57) Robbin menuliskan kemampuan terdiri atas dua kelompok faktor yaitu:

1. Kemampuan intelektual (intelectual ability) yaitu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas mental-berfikir, menalar dan memecahkan masalah.
2. Kemampuan fisik (physical ability) yaitu kemampuan melakukan tugas-tugas yang menuntut stamina, keterampilan, kekuatan, dan karakteristik serupa.

B. Bakat (aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis, dan lain-lain

C. Kecerdasan (inteligence)
Dikutip dari laman wikipedia bahasa Indonesia, kecerdasan mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar

D. Kepribadian (Personality)
Istilah personality berasal dari kata latin “persona” yang berarti topeng atau kedok, yaitu tutup muka yang sering dipakai oleh pemain-pemain panggung, yang maksudnya untuk menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. Perusahaan akan mencari kepribadian yang baik dan memiliki semangat kerja yang tinggi dan dapat memotivasi diri sendiri.

E. Minat (interest)
Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu diluar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat bekerjanya di perusahaan.

Oleh karena itu minat yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi. Sebaliknya minat yang rendah akan menghasilkan prestasi dalam bekerja yang rendah pula. Dalam konteks inilah diyakini bahwa minat mempengaruhi hasil bekerja