Searching...

Pengertian, Tips dan Trik Menghadapi Tes Skala Kematangan (TSK) Tes Psikotes


Mohon maaf saat ini isi artikel dalam situs ini tidak dapat di copy-paste, Jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membacanya maka Anda bisa membookmarknya terlebih dahulu untuk dibaca dikemudian hari. Harap maklum




Pengertian, Tips dan Trik Menghadapi Tes Skala Kematangan (TSK) Tes Psikotes - Di dalam tes psikotes sering dijumpai soal-soal yang mengarah kepada kepribadian dan karakter seseorang, ya memang begitulah tes psikotes. Salah satu dari tes kepribadian itu adalah Tes Skala Kematangan (TSK) yang mengukur tingkat kedewasaan seseorang. Dalam uraiannya nanti kami akan memaparkan pengertian dari Tes Skala Kematangan (TSK) yang sering muncul dalam tes psikotes kerja maupun tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru. (Baca : Persyaratan Jadi CPNS)

 Gambar : Sikap Dewasa (Tanggung Jawab), Sumber : Google

PENGERTIAN TES SKALA KEMATANGAN

Tes Skala Kematangan (TSK) adalah sebuah tes psikologi atau soal psikotes yang mengukur tingkat kedewasaan (Kematangan sikap) seseorang dalam bertindak terhadap situasi tertentu. Adapun materi Tes Skala Kematangan yang sering diujikan dalam psikotes maupun Tes Karakteristik Pribadi/TKP (Dalam Tes CPNS) pada umumnya menekankan pada aspek-aspek kedewasaan tertentu yang paling dibutuhkan oleh seorang karyawan/pegawai profesional. Aspek kedewasaan yang sering diujikan dalam Tes Skala Kematangan ialah sebagai berikut :

Baca juga : Soal-soal Psikotes Gampang-gampang Susah

CONTOH ASPEK KEDEWASAAN TSK

1. Integritas (Kebaikan/ketulusan hati)
2. Kejujuran
3. Tanggung Jawab
4. Kemampuan Beradaptasi
5. Pengendalian Diri
6. Semangat Berprestasi
7. Inisiatif (Kemauan)
8. Kreatifitas Kerja
9. Ketekunan
10 Penghargaan Terhadap Orang Lain
11. Ketegasan
12. Kepercayaan Diri
13. Toleransi (Sikap menghargai orang lain)
14. Kepedulian Lingkungan
15. Efisiensi Cara Kerja

TIPS DAN TRIK MENGHADAPI TES SKALA KEMATANGAN

Tes Skala Kematangan (TSK) adalah sebuah tes yang mengukur tingkat kedewasaan Anda dalam menghadapi situasi tertentu (umumnya situasi sulit). Dengan mengerjakan soal TSK ini "Secara Jujur", Anda dapat menilai diri sendiri sampai di mana tingkat kedewasaan Anda.
Setelah Anda mengetahui tingkat kedewasaan Anda, maka tugas Anda sekarang adalah melatihnya dengan cara meningkatkan setiap aspek kedewasaan. Bila dijabarkan, berarti Anda harus bertanggung jawab, harus punya integritas, harus jujur, harus punya pengendalian diri (tidak mudah marah), harus mampu beradaptasi terhadap suasana baru, harus tegas, harus percaya diri, harus punya inisiatif, harus tekun, harus kreatif, harus menghargai orang lain, bertoleransi terhadap orang lain, harus efisien dalam melaksanakan pekerjan, dan harus memiliki kepedulian lingkungan. 

Memiliki karakter-karakter tersebut di atas memang tidak mudah. Namun bila Anda berlatih untuk membiasakan diri, maka Anda pun akan menjadi seorang yang lebih dewasa, lebih dihormati orang lain, lebih berwibawa sehingga karier  Anda pun lebih meningkat secara signifikan.

Demikian artikel kami kali ini, semoga bermanfaat buat Anda

Tes PSIKOTES itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Psikotes, baca selengkapnya Soal Latihan Psikotes Terbaru 2017 disini

Jika masih ada yang belum dimengerti terkait tulisan kami di atas, silahkan tanyakan saja