Searching...

Contoh Soal Tes Kementerian Sosial Tenaga Pendamping dll Gratis

21.32.00

Mohon maaf saat ini isi artikel dalam situs ini tidak dapat di copy-paste, Jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membacanya maka Anda bisa membookmarknya terlebih dahulu untuk dibaca dikemudian hari. Harap maklum




Contoh Soal Tes Kementerian Sosial Tenaga Pendamping dll Gratis
Soal Tes Kemensos RI : Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang semula bernama Departemen Sosial (Depsos) merupakan kementerian yang ada di Indonesia yang memiliki tugas dan peran penting dalam pemerintahan dan membidangi urusan dalam negeri dan membantu pekerjaan presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara dalam bidang sosial.

Dalam menerapkan program nawacita, maka kementerian sosial fokus membangun Indonesia dari daerah terluar atau daerah pinggiran dan memperkuat daerah-daerah desa dalam suatu kerangka yang sistemmatis yaitu kerangka kesatuan.

Kemensos juga ingin menciptakan nuansa yang melindungi dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara dengan berbagai program-program unggulan. Untuk dapat memperluas jangkauan kerja maka Kemensos membuka lowongan kerja seluas-luasnya kepada putra dan putri terbaik bangsa yang memiliki jiwa cinta tanah air, jujur, setia kawan, kreatif, pejuang dan inovatif.

Pengumuman Lowongan kerja bisa anda lihat di website resminya disini  (Berkas lowongan paling lambat diterima panitia tanggal 16 Februari 2017).

Adapun tahapan ujian/tes di Kementerian Sosial sebagai Tenaga Pendamping seperti dikutip dari laman resmi kemsos.go.id sebagai berikut ini.

TAHAPAN SELEKSI   
Seleksi Tahap Pertama : Seleksi Administrasi       
  • Panitia Seleksi melakukan verifikasi berkas sesuai ketentuan lalu menetapkan calon untuk memenuhi persyaratan administrasi untuk mengikuti seleksi berikutnya.   
Seleksi Tahap Kedua : Test Kemampuan Dasar dan Essay       
  • Penilaian  menggunakan  metode Test Kemampuan Dasar dan penulisan kertas kerja dengan tema yang akan ditetapkan pada saat pelaksanaan tes;       
  • Peserta lulus seleksi tahap kedua akan dipanggil mengikuti seleksi tahap ketiga.   
  • Seleksi Tahap Ketiga adalah Wawancara.
Baca juga: 25 Pertanyaan Wawancara Kerja Yang Umum Ditanyakan

Untuk itu disini kami ingin memberikan Contoh Soal Tes Kementerian Sosial Tenaga Pendamping dan jawabannya gratis. Adapun ke sembilan soal ini memang merupakan soal Tes Kemampuan Dasar yang selebihnya bisa Anda dapat miliki disini
Harapan kami Anda tidak hanya puas dengan soal ini saja, Anda juga bisa mendapatkan soal latihan psikotes gratis lainnya.

Contoh Soal Tes Kementerian Sosial Tenaga Pendamping
Tes Psikotes Sinonim
1.POLI
a.Satu
b.Bersama
c.Banyak
d.Homogen
e.Sirkuler

Jawaban: C. Banyak
Poli memiliki persamaan makna dengan kata banyak atau beragam

Tes Psikotes Antonim
2.HARMONI
a.Sumbang
b.Sinkron
c.Selaras
d.Seimbang
e.Berisik

Jawaban: A. Sumbang
Harmoni memiliki persamaan makna dengan kata sinkron atau selaras, sehingga lawan kata yang sesuai adalah kata sumbang yang berarti tidak selaras.

Tes Psikotes Analogi
3.Haus : Air : Gelas
a.Lapar : Masak : Nasi
b.Sakit : Dokter : Obat
c.Nakal : Hukum : Sekolah
d.Pasar : Buah : Sayur
e.Lapar : Makanan : Piring

Jawaban: E. Lapar : Makan : Piring
Untuk mengatasi rasa haus, kita dapat meminum air dengan menggunakan gelas. Analogi yang setara adalah untuk mengatasi rasa lapar, kita dapat memakan makanan dengan menggunakan piring.

Tes Psikotes Tes Pengatahuan Umum
4.Setelah masa penjajahan Belanda, Indonesia mengalami masa kependudukan Jepang. Masa ini ditandai dengan serangan pertama Jepang ke Indonesia pada tahun…..
a.1930
b.1940
c.1941
d.1942
e.1944

Jawaban: D. 1942
Serangan Jepang ke Indonesia (Hindia Belanda) untuk pertama kalinyaterjadi pada 11 Januari 1942 di Tarakan (Kalimantan Timur).

Tes Psikotes Deret Hitung
5.   54     44     35     27     …..
a.21
b. 20
c.18
d.14
e.10

Jawaban: B. 20



Tes Psikotes Tes Numerik
6.74,88 : 15,6 = …..
a.2,6
b. 2,8
c. 3,8
d.4,6
e.4,8

Jawaban: E. 4,8

Tes Psikotes Kemampuan Aritmatika
7.Aloy mengendarai mobil dari Depok ke Bekasi dengan kecepatan 60 Km/ jam. Dengan kecepatan tersebut, perjalanan Aloy akan memakan waktu 30 menit. Jika setelah 15 menit perjalanan, dia berhenti selama 5 menit, untuk tiba tepat waktu, berapakah kecepatan mobil yang harus Aloy Gunakan?
a.80 Km/jam
b.90 Km/jam
c.100 Km/jam
d.120 Km/jam
e.110 Km/jam

Jawaban: B. 90 Km/jam
Jarak = 30 Km
Sisa waktu perjalanan = 30 – 15 = 15 menit – 5 = 10 menit
(30 Km)/(30 menit)=1 Km/jam
1 x 15 = 15 Km jarak yang sudah di tempuh
15 x  60/10=90 Km/jam
Kecepatan yang harus digunakan = 90 Km/jam

Tes Psikotes Kemampuan Penalaran Logis
8.Jika Rian lulus kuliah kurang atau sama dengan 4 tahun, dia akan diterima bekerja sebagai karyawan di perusahaan Indojaya.
Jika Rian sudah bekerja di perusahaan Indjaya, ayahnya akan menghadiakan sebuah sepeda motor.
Rian tidak mendapat sepeda motor.
a.Rian menyelesaikan studinya kurang dari 4 tahun
b.Rian bekerja dengan sepeda motor .
c.Rian menyelesaikan studinya tepat 4 tahun
d.Rian bekerja di perusahaan Indojaya
e.Rian menyelesaikan lebih dari 4 tahun.

Jawaban: E. Rian menyelesaikan studinya lebih dari 4 tahun.
Rian akan mendapat motor jika dia diterima bekerja. Dia akan diterima jika dia lulus tepat waktu. Rian tidak mendapatkan motor, karena dia tidak menyelesaikan studinya tepat waktu.

Tes Psikotes Kemampuan Penalaran Analitis
9.Bia, Dhani, dan Della masing-masing memiliki mobil sport. Selain mobil sport, Della juga memiliki sebuah mobil lainya. Heksa, teman mereka, memiliki dua buah mobil. Erin, teman mereka yang lain juga masing-masing memiliki satu buah mobil. Baru-baru ini, Bia dan Erin membeli satu buah unit mobil lagi.
Siapakah yang paling sedikit memiliki mobil?
a.Bia
b.Dhani
c.Della
d.Erin
e.Heksa

Jawaban: B.
Dari keterangan di atas, yang paling sedikit memiliki mobil adalah Dhani

Demikian Contoh Soal Tes Kementerian Sosial Tenaga Pendamping ini sudah anda baca dan pelajari, semoga dengan latihan soal gratis ini dapat membantu Anda sehinga Anda dapat diterima di Kemensos dengan jabatan yang diinginkan.

Tes PSIKOTES itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Psikotes, baca selengkapnya Soal Latihan Psikotes Terbaru 2017 disini

Jika masih ada yang belum dimengerti terkait tulisan kami di atas, silahkan tanyakan saja