Searching...

Bagaimana Persiapan Psikotes Kerja Yang Benar Untuk Calon Karyawan Baru


Mohon maaf saat ini isi artikel dalam situs ini tidak dapat di copy-paste, Jika Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk membacanya maka Anda bisa membookmarknya terlebih dahulu untuk dibaca dikemudian hari. Harap maklum




Persiapan Psikotes Kerja
Psikotes adalah serangkaian tes kepribadian yang dibuat sedemikian rupa untuk mengetahui psikologi dan mental dari calon pegawai atau karyawan baru di suatu lembaga.

Psikotes bertujuan mengetahui karakter dan sifat seseorang. Psikotes tidak hanya berupa rangkaian tes tertulis namun juga merangkum segala aspek, seperti gerakan tubuh, mimik wajah dan juga cara berbicaranya. Dari sana seseorang akan mengetahui bagaimana kepribadian anda sebenarnya dan itulah yang akan menentukan anda cocok atau tidak diterima di perusahaan tersebut.

Anda tidak perlu terlalu takut ataupun cemas dengan apa yang bakal terjadi, apa hasil dari psikotes anda. Yang terpenting adalah jadilah diri anda sendiri dan tidak perlu khawatir.

Persiapan belajar mengerjakan soal-soal itu memang perlu, namun kalo di dalam pola pikir anda, psikotes itu hanya mengerjakan soal-soal lalu anda memiliki skor yang tinggi lalu anda memang dan langsung diterima, anda sudah salah besar.

Karena selain tes tertulis anda akan menghadapi tes wawancara kerja, anda akan ditanya secara lisan, sebagian besar pertanyaan wawancara berasal dari jawaban psikoest anda. Jawaban mengarang atau mengada-ada dapat dengan mudah ketahuan oleh seorang pewawancara.

Lalu bagaimana persiapan Psikotes Kerja Yang Benar?

Seperti di awal paragraf sudah saya katakan bahwa psikotes merupakan serangkaian tes kepribadian seseorang yang dibuat sedemikian rupa untuk mengetahui psikologi dan mental seseorang, maka yang perlu anda persiakan adalah psikologi dan juga mental anda, selain mempelajari soal-soal ujian tertulis psikotes.

1. Persiapkan Diri Anda Sebelum Memulai Psikotes

Apa bentuk persiapan sebelum menghadapi psikotes yang benar?
Menjaga kondisi badan tetap bugar dan semangat. Anda bisa melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan mood dan juga semangat anda seperti berolah raga atau traveling. Hal ini menurut beberapa Psikolog dapat meningkatkan mood dan konsentrasi saat ujian (tes psikotes) berlangsung.


2. Fokus dan Konsentrasi

Dalam mengerjakan tes tertulis maupun wawancara kerja sebaiknya anda tetap dalam kondisi tenang, tidak gugup apalagi cemas.

Gugup dan rasa cemas dapat merusak konsentrasi anda, apa yang selama ini anda pelajari bisa hilang begitu saja.

Hal ini pernah dialami oleh murid saya di sekolah, anak tersebut termasuk anak yang aktif dan pintar namun ketika di minta untuk berpidato didepan kelas, hampir separuh dari materi pidatonya lupa disampaikan, hal ini karena tidak tenang sehingga konsentrasi menjadi berantakan.

3. Banyak Berlatih Contoh Soal-Soal Psikotes

Saat ini tidak sulit mendapatkan soal-soal psikotes secara gratis. Banyak penyedia layanan soal psikotes secara gratis walaupun memang jumlahnya tidak banyak, namun cukup sebagai gambaran bentuk soal psikotes kerja yang sebnarnya, selebihnya dapat anda kembangkan sendiri melalui soal-soal berbayar tetapi murah (hanya Rp 60rb lihat disini)

Pelajarilah soal psikotes tersebut dengan rutin dan konsisten selama kurang lebih seminggu maka akan memberi dampak positif bagi anda dan psikologi anda.

Orang yang terbiasa mengerjakan soal psikotes biasanya akan sangat mudah menyelelesaikan soal-soal ujian psikotes kerja diberbagai perusahaan ternama seperti contohnya di PT Epson.

Jadi apakah anda sudah berlatih contoh soal psikotes hari ini?

4. Berdoa

Meskipun urutan dari BERDOA saya buat di urutan ke empat namun berdoa adalah hal yang pertama dan harus anda lakukan, berdoa juga dapat anda lakukan setiap saat didalam hati masing-masing.

Manfaat dari berdoa adalah dapat menenangkan pikiran anda saat sedang maupun sebelum tes psikotes berlalngsung. Anda akan merasa sedikit lebih rileks kalau sudah berdoa.

Berdoalah dengan sungungh-sungguh agar anda juga dapat lebih percaya diri karena sudah menyerahkan semuanya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berdoa bukan menjamin kelulusan anda, maksutnya anda hanya berdoa tanpa berusahan atau berlatih. Namun tanpa berdoa apalah arti semua persiapan yang anda laukuan.

Berdoa dan bekerja lakukan secara seimbang dalam hidup ini.

Kesimpulan

Bagaimana Persiapan Psikotes Kerja Yang Benar Untuk Calon Karyawan Baru? Jawabanya ada pada diri anda sendiri.

Ada yang dapat menentukan anda layak/cocok tidak diterima diperusahan tersebut, kalau anda memang layak maka anda akan diterima, namun kalau tidak mungkin ada pekerjaan lain yang lebih pas untuk anda. Tidak perlu dipaksakan toh anda tidak akan merasa nyaman bekerja ditempat yang tidak cocok dengan keahlian atau profesi yang anda miliki.

Terimakasih sudah membaca artikel kami mengenai tips mempersiapkan diri dalam menghadapi psikotes kerja sebelum diterima sebagai karyawan baru. Semoga tulisan singkat ini dapat menginspirasi dan berguna untuk Anda.

Tes PSIKOTES itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Psikotes, baca selengkapnya Soal Latihan Psikotes Terbaru 2017 disini

Jika masih ada yang belum dimengerti terkait tulisan kami di atas, silahkan tanyakan saja