Jawab Kesulitan Menghadapi Tes Psikotes Gambar Terbaru Dengan 5 Tips Ini


suasana saat ujian psikotes 2018
Tes psikotes memiliki banyak jenis salah satunya adalah tes psikotes gambar. Biasanya tes psikotes gambar menjadi salah satu yang ditakutkan atau dihindari oleh calon karyawan baru. Hal ini karena mereka tidak tahu bagaimana yang harus mereka gambarkan karena tes menggambar bukan sekedar menggambar manusia atau pohon namun ada beberapa aspek penting juga perlu untuk diperhatikan seperti ketelitian, goresan, guratan dan detail dari gambar tersebut.

Dikutip dari liputan6.com,  Jumat (29/12/2017), berikut ini tips sukses untuk lolos menghadapi psikotes menggambar:

1. Sesuaikan gambar menurut jenis kelamin
Saat anda diminta untuk menggambar manusia, anda harus menggambar sesuai dengan jenis kelamin anda sendiri. Kalau anda seorang perempuan maka gambarlah figur perempuan namun bila anda seorang laki-laki gambarlah figur seorang laki-laki. Hal ini mencerminkan identitas anda sendiri

2. Lengkapi setiap detail gambar
Masih menggambar manusia, gambarlah sesuai dengan manusia seutuhnya, lengkapi setiap organ tubuh layaknya seorang manusia yang utuh mulai dari rambut, kepala, leher, badan, tangan, kaki, samapai jari tangan dan kaki.

Tidak luput juga anda harus melengkapi setiap detail organ lainnya seperti alis, bulu mata dan kuku pada kaki dan tangan. Tes ini akan menentukan tingkat ketelitian anda lewat gambar yang anda buat.

3. Jangan lupa sertakan profesi objek yang digambar
Setelah melengkapi organ tubuh pada gambar, jangan lupa untuk melengkapi gambar dengan profesi dari objek yang sedang anda gambar, seperti: guru, dokter, hakim, arsitek dll. Menggambar objek lengkap dengan menunjukan profesinya bisa dengan cara menambahkan pakaian dan aksesoris yang digunakan.
Tes Psikotes Menggambar Dengan Tips

Namun yang sangat disarankan adalah anda menggambarkan bayangan diri lima sampai sepuluh tahun ke depan saat anda diterima bekerja pada perusahaan tersebut. Dengan begitu perusahaan akan melihat minat anda sangat tinggi untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut.

Saat menggambar selalu tunjukkan ekspresi wajah ceria atau gembira begitupun dengan yang anda gambar terlihat memancarkan ekspresi bahagia dan gembira. Hal ini menunjukkan pada perusahaan bahwa anda menyukai pekerjaan tersebut.

4. Tentukan posisi, garis dan ukuran gambar yang tepat
Ada hal penting namun tidak disadari oleh banyak orang saat menggambar yaitu posisi gambar. Gambarlah objek tepat ditengah kertas, jangan mengambar pada posisi terlalu ke pinggir. Selain itu, perhatikan juga tekanan garis pada gambar, karena terdapat makna yang berbeda-beda pada setiap penekanan gambar yang anda kerjakan.

Dianjurkan pula, anda jangan malakukan banyak penekanan pada bagian wajah karena ini dapat mencerminkan bahwa anda mempunyai sifat rendah diri (minder).

Ukuran gambar juga tidak luput dari perhatian anda, upayakan untuk menggambar objek seproporsional mungkin, jangan menggambar terlalu kecil dan juga jangan terlalu besar. Bila anda menggambar terlalu besar anda mungkin akan dinilai sebagai individu yang angkuh dan dominan begitupun sebaliknya. Jadi sebaiknya anda selalu berhati-hati dan teliti saat menggambar.

Baca juga:
5 Hal Penting Disiapkan Sebelum Tes Psikotes
9 Contoh Soal Psikotes Pramugari
9 Latihan Soal Psikotes Hakim

5. Sebelum tes sebaiknya anda cukup istirahat dan jangan lupa sarapan
Tips terakhir ini bukan merupakan tips dalam teknik psikotes menggambar namun tips ini juga sangat penting anda lakukan sebelum mengikuti tes psikotes khususnya menggambar. Konsentrasi dan juga ketelitian hanya datang dari kesiapan tubuh dan mental anda saat ujian berlangsung. Kalau badan anda merasa lelah dan tidak semangat maka akan mempengaruhi konsentrasi anda saat menggambar.
Maka sangat disarankan agar anda cukup beristirahat dan juga tidak lupa untuk sarapan sebelum mengikuti tes psikotes menggambar.

Biasanya tes psikotes tidak hanya satu jenis, masi ada jenis psikotes lain bersamaan juga akan diberikan kepada anda seperti tes soal, tes berhitung (numerik) dan pastinya psikotes menggambar jadi kalau anda tidak sarapan apakah anda akan tahan menahan lapar, bisa-bisa konsentrasi anda buyar karena anda kelaparan.

Nah jangan lupa untuk melakukan kelima tips yang sudah anda baca di atas dan semoga sukses!