Jangan Lupa Dengan 5 Hal Berikut Saat Ikut Tes Psikotes tahun 2018

 5 Hal Berikut Saat Ikut Tes Psikotes tahun 2018Tips Psikotes tahun 2018: Psikotes adalah salah satu tes yang ada dalam proses penerimaan pegawai/karyawan baru di suatu instansi. Dengan hasil kerja psikotes tersebut secara garis besar dapat disimpulkan bagaimana karakter dan kepribadian seseorang. Banyak orang yang menghindar mungkin karena takut dengan tes psikotes tetapi banyak juga yang tidak memusingkan dengan tes ini dan berjuang untuk dapat memperoleh nilai terbaik semampu mereka.

Lantas bagaimana tindakan yang harus dikerjakan para pencari kerja untuk bisa lolos dalam tahap psikotes, apa yang harus dilakukan sebelum mengikuti tes psikotes? Berikut ini merupakan jawabannya seperti dikutip dari liputan6.com
 
1. Persiapan yang baik dimulai dari diri sendiri.
Persiapan yang baik bisa dimulai dengan mencari tahu bentuk-bentuk soal psikotes yang biasa keluar, anda bisa melihatnya di internet, buku-buku soal dll. Anda bisa meluangkan sedikit waktu tiap malam sebelum tidur untuk menjawab pertanyaan latihan psikotes gratis di internet. Selain itu anda juga harus mempersiapkan mental dan fisik agar selalu fit dan bugar.

Anda bisa melakukan olah raga ringan setiap pagi dan melakukan pekerjaan ringan agar anda tidak terlalu setres memikirkan tes psikotes yang akan anda hadapi.

2. Bersikap Jujur
Jujur adalah sikap mulia manusia, tanamkan sikap jujur dimanapun anda berada bahkan disaat tes psikotes berlangsung. Kalau sejak awal anda sudah sering berbohong maka bagaimana nanti saat anda bekerja di perusahaan tersebut. Selain itu sikap konsistensi juga sangat anda perlukan demi menjaga kepribadian anda tetap terlihat baik.

Baca juga
Soal Psikotes Untuk Pramugari 
Soal Psikotes IPDN dan Jawabannya

3. Bijak membagi waktu
Saat mengerjakan atau menjawab tes psikotes jangan asik dengan satu jenis soal saja, terkadang soal matematika (berhitung) dapat menyita banyak waktu, ini bisa menjadi awal yang kurang baik karena waktu anda terbuang hanya untuk mengerjakan satu jenis tes saja.

Bijaklah dalam membagi waktu saat mengerjakan soal atau pertanyaan dihadapan anda, mulai dengan mengerjakan soal yang anda anggap mudah terlebih dahulu kemudian baru masuk ke tahap soal yang lebih sulit sampai semua soal selesai anda jawab. Jangan yang penting selesai tapi usahakan yang anda jawab benar-benar anda mengerti dengan penuh percaya diri.

Untuk itu ada baiknya mulai dari sekarang anda bisa mempelajari soal-soal psikotes baik gratis maupun yang anda beli di toko buku.

4. Berdoa sebelum ujian
Anda bisa belajar sampai larut malam, anda juga bisa menghapal semua materi psikotes namun ada satu hal yang patut anda pahami bahwa segala sesuatu yang telah dikerjakan sepatutnya haruslah anda doakan, minta kepada Tuhan agar segala sesuatu yang sudah dilakukan memberikan hasil yang terbaik, anda juga harus mengiklaskan karena hasil akhirnya biar Tuhan yang menentukan.

5. Refreshing
Satu atau dua hari sebelum tes psikotes berlangsung sebaiknya anda memberi ketenangan kepada fikiran anda, anda bisa refreshing menghilangkan kepenatan bahkan rasa tegang menghadapi ujian psikotes di depan mata. Ini bukan berarti anda mengabaikan segala persiapan yang sudah anda lakukan jauh-jauh hari sebelumnya justru apabila anda memaksakan diri terus berlatih atau belajar soal psikotes sampai di hari h maka akan ada kemungkinan anda akan setres ataupun drop. Jadi sebaiknya anda refreshing satu atau dua hari sebelum ujian berlangsung.