Searching...

Sulit Diterima di Pekerjaan Baru tahun 2018? Pelajari 13 Tips Cari Kerja Berikut Ini


Mencari kerja: Sulit Diterima di Pekerjaan Baru tahun 2018
Tips psikotes tahun 2018: Di era saat ini mencari pekerjaan sebenarnya sudah lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu, berbagai media baik cetak maupun media berbasis sosial banyak membagikan info-info lowongan pekerjaan. Namun kenapa masih banyak yang merasakan sulitnya diterima disebuah pekerjaan baru.

Dengan 13 tips di bawah ini mudah-mudahan anda bisa menemukan pekerjaan yang layak dan sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki. Sebaiknya anda lakukan tips ini dengan baik dan benar agar setiap prosesnya dapat berjalan dengan tepat.

1. Perbaiki CV (Curriculum Vitae) 
Banyaknya lowongan pekerjaan yang masuk disuatu instansi membuat HRD akan mengalami kesulitan dalam menyeleksi calon pelamar (cp) baru yang akan dipanggil interview, cara termudah yang sering dilakukan mereka adalah dengan melihat isi CV dari cp, seperti IP (Indeks Prestasi), pengalaman kerja, keahlian melalui sertifikat dan lain sebagainya.

Sebaiknya anda perbaiki CV sebelum anda mencoba melamar pekerjaan, sertakan keterangan pengalaman pekerjaan, sertakan prestasi yang pernah anda peroleh dan juga tunjukan nilai IP yang anda miliki. Sehingga mereka akan lebih yakin dan kemungkinan akan langsung menghubungi anda.

2. Melamar Kerja Mulai Dari Magang

Bagi anda yang saat ini masih bersekolah atau kuliah tidak ada salahnya anda memanfaatkan tempat magang kerja anda menjadi tempat bekarja anda seterusnya. Anda kemungkinan akan lebih dipilih/diterima karena anda pernah magang ditempat tersebut. Manfaatkan tempat magang anda menjadi tempat bekerja anda sebenarnya agar peluang diterima kerja semakin besar dan terbuka lebar.

3. Bersikap Baik Saat Magang Kerja
Masih soal magang, sebaiknya ketika anda diberi kesempatan untuk magang kerja disebuah perusahaan anda manfaatkan waktu tersebuy dengan bekerja sebaik mungkin karena ini merupakan ladang pekerjaan anda kelak. Dengan baiknya sikap, aktif bekerja dan perilaku tidak menyimpang saat magang maka besar kemungkinan anda lebih dikenal secara baik oleh pimpinan diperusahaan tersebut.

4. Penting Untuk Menyesuaikan Pendidikan dengan Pengalaman Anda
Ambil peluang lowongan kerja yang tersebar diberbagai media seperti media internet dan yang terpenting pilihlah yang sesuai dengan jenjang pendidikan dan pengalaman pekerjaan yang anda miliki sebelumnya. Hal ini akan membantu anda agar lebih dipertimbangkan diterima diperusahaan tersebut, jangan "klik" lowongan yang tidak sesuai dengan pendidikan anda karena harapan dan peluang diterima sangat kecil.

5. 100% Jaga Bahasa Tubuh
Mungkin yang kurang anda sadari dari proses mencari dan melamar kerja adalah bahasa dan gerakan tubuh saat wawancara kerja. Perkenalan pertama anda dengan pewancara itu bisa dimulai dari penampilan dan gerak-gerik yang anda lakukan, pastikan anda selalu terlihat kompeten, murah senyum dan jangan minder. 

Penelitian membuktikan bahwa ada 30% manager akan mengeliminasi cp yang kurang senyum dan tidak tertarik dalam percakapan saat wawancara. Kemudian hindari menyilangkan tangan (seperti orang kedinginan), hindari membungkuk, agak majukan tubuh ke arah pewawancara, mengangguklah tiga kali dan tersenyumlah disaat diperlukan (jangan pelit senyum)

6. Perkatikan Pula Pakaian Yang Sesuai
Saat wawancara pastikan anda untuk tidak menggunakan perlengkapan busana secara berlebihan, anda juga tidak perlu memakai makeup dan parfum yang mencolok. Tunjukan penampilan dan pakaian terbaik yang anda miliki dan memang sesuai dengan tempatnya. Pemakaian busana yang kurang tepat akan menggambarkan kesan negatif dimata pewancara.

7. Tentukan Gaji Yang Sesuai "Harga" Anda
Dipertengahan atau diakhir pertanyaan wawancara biasanya ditanyakan soal gaji yang diinginkan. Sebelumnya anda harus sudah mengetahui berapa kisaran "harga" anda. Hal ini bisa anda ukur dari jenjang pendidikan dan pengalaman kerja sebelumnya. Kemudian anda bisa melakukan pengecekan di internet berapa rata-rata besaran gaji yang sesuai dengan posisi yang akan anda lamar.

Kalau misalnya anda ingin gaji Rp 4 juta, katakan saja jika anda ingin gaji Rp 4 sampai Rp 5 juta

8. Sesuaikan Resume Seperti Keinginan Perusahaan
Saat menulis resume perhatikan satu hal, tulislah resume sesuai dengan keinginan perusahaan bukan sesuai dengan keinginan anda. Tulis lamaran sesuai dengan sarat yang diminta dan lengkapi semuanya, jika sebelumnya anda sudah memiliki formar lamaran kerja sebaiknya tinjau ulang sebelum dikirim.

9. Relevansi Pekerjaan
Menulis pengalaman pekerjaan yang perna anda kerjakan sebaiknya seringkas mungkin, singkat dan padat agar mudah untuk dibaca dan tidak membuat sakit kepala pembaca cv anda. Karena penulisan pengalaman kerja yang panjang dan bertele-tele tidak menjamin anda akan diterima diperusahaan tersebut. Tulislah pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang ditawarkan oleh perusahaan

10. Cari Tahu Banyak Hal Tentang Perusahaan
Cari tahu beberapa hal penting dari perusahaan sebelum anda diinterview. Anda bisa mengetahuinya melalui website resmi perusahaan tersebut atau melalui orang yang anda kenal yang bekerja disana. Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui seperti sejarah perusahaan, perusahaan bergerak dibidang apa, culture dan peraturan secara singkat dan masih banyak lagi bisa anda cari sebelum melamar kerja.

Adapun tujuan dan manfaat dari anda mengetahui hal tentang perusahaan tersebut adalah anda akan tampil lebih percaya diri karena sudah mengetahui tentang perusahaan meskipun anda belum bekerja di dalamnya.

11. Perbaiki Kemampuan Wawancara Kerja
Dalam perihal wawancara kerja ada saat anda akan "menjual diri" lewat presentase singkat yang diberikan kepada anda.

Penjualan diri yang tepat bisa anda lakukan dengan mengajukan pertanyaanbagus kemudian mendengarkan jawabannya dengan seksama. Dengan mengajukan pertanyaan maka anda akan terlihat lebih pintar. Dan bila pertanyaan anda tepat maka anda akan menemukan sisi lain dari perusahaan yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya

12. Minta Kepastian
Ketika anda mengirimkan lamaran pekerjaan dan tidak mendapat respon tentu anda merasa penasaran dab bertanya-tanya di dalam hati.
Kalau sudah satu minggu sudah mengirim berkas lamaran namun belum ada tanggapan (kecuali sudah ada pemberitahuan akan dihubungi lebih dari seminggu) maka anda bisa menghubungi pihak perusahaan. Anda tentu membutuhkan kepastian karena tidak ada orang yang ingin "digantung" dalam ketidakpastian.

13. Fokus pada peluang besar lainnya.
Setelah sudah pasti tidak diterima diperusahaan tersebut, maka anda jangan patah harapan. Anda bisa mencoba melamar diperusahaan lain yang membuka lowongan. Lakukan lagi tips di atas agar peluang anda diterima semakin besar.

Gunakan media internet untuk mencari lowongan, disana anda juga bisa langsung mengirim berkas lamaran. Dan semoga anda dapat diterima diperusahaan yang anda inginkan. 

Tes PSIKOTES itu sebenarnya mudah apabila kita tahu trik untuk menghadapinya, gampang untuk dikerjakan apabila tahu cara menjawabnya. Pelajari panduan menguasai soal-soal Psikotes, baca selengkapnya Soal Latihan Psikotes Terbaru 2017 disini


Jika masih ada yang belum dimengerti terkait tulisan kami di atas, silahkan tanyakan saja