Searching...

Bagaimana Cara Agar Cepat Selesaikan Skripsi, Simak Baik-baik!



 Cara Agar Cepat Selesaikan Skripsi
Banyak anggapan yang mengatakan sulit masuk kuliah, lebih sulit lagi "keluar" (menyelesaikan) perkuliahan. Sebelum akhirnya menjadi sarjana maka ada satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir, skripsi. Bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir skripsi merupakan sesuatu yang menakutkan namun sebagian lagi justru menganggap ini adalah tantangan yang memang harus diselesaikan.
Lalu bagaimana cara agar bisa menyelesaikan skripsi dengan cepat dan bisa lulus perkuliahaan tepat waktu, berikut ini akan diulas dari berbagai sumber termasuk dari pengalaman penulis sendiri.

1. Kuliah itu mahal
Ingat bahwa biaya pendidikan itu sangat mahal tidak terkecuali biaya kuliah, jadi dengan mengingat bahwa biaya perkuliahaan itu besar maka kamu akan cepat sadar dan segera menyelesaikan perkuliahanmu. Banyak orang biaya kuliahnya ditanggung diri sendiri dengan bekerja paruh waktu namun banyak juga yang masih ditanggung dan dibiayai oleh orang tua. Walaupun bukan kamu yang menanggung kuliah mu sebaaiknya kamu ingat bahwa biaya kuliah itu mahal, orang tua mu akan sedikit terbantu kalau kamu cepat tamat kuliah, ia bukan?

Baca juga:
Tips Agar Cepat Diterima Bekerja (Bahkan Sebelum Lulus Kuliah)
Cara menjawab psikotes menggambar, belajar dari kegagalan
5 Hal yang perlu anda perhatikan sebelum ikut tes psikotes

2. Buat target kapan selesai skripsi
Kalau semua serba nanti maka yang akan anda dapatkan adalah penundaan terus menerus, maka langkah yang sepatutnya anda lakukan adalah dengan membuat jadwal kegiaatan dalam menulis skripsi. Lalu buat target-target yang nyata, misalnya minggu ini anda harus selesai membuat judul dan bab pendahuluan, kemudian minggu depan masuk ke bab kedua dan seterusnya. Berbagai kendala mungkin akan anda hadapi seperti sulitnya bertemu dengan dosen pembimbing, untuk itu langkah yang harus anda ambil adalah mengetahui jadwal kegiatan dosen pembimbing anda, kapan dia ada mata kuliah dan kapan dia istirahat, nah disaat dia istirahat maka disitulah anda konsultasi mengenai skripsi yang sedang anda kerjakan.

3. Kurangi bahkan stop kegiaatan yang tidak berguna.
Zaman sekarang banyak orang yang melakukan berbagai kegiatan namun kurang ada manfaatnya, misalnya nongkrong diwarung berjam-jam dengan teman, ketawa dan menggosip tanpa ada isinya. Sebaiknya anda kurangi kegiatan yang mengganggu skripsi seperti organisasi di kampus, rapat atau pertemuan anggota, kegiaatan jalan sama pacar sampai menghabiskan waktu penting anda.

Fokus pada skripsi bukan berarti anda memutuskan pacar anda, bukan berarti anda keluar dari organisasi, bukan berarti anda menjadi penyendiri namun sebaiknya anda bisa membagi waktu lebih banyak ke skripsi yang memang sangat penting.

4. Belajar dari pengalaman kaka senior
Jadi mahasiswa itu yang penting bukan hanya pintar, namun harus bisa “pintar-pintar”, maksutnya adalah pintar-pintarlah bergaul dengan abang dan kaka senior yang sudah berpengalaman, kalau anda tinggal di kost-kosan maka mungkin ada abang alumni yang tinggal disana, mintalah saran dan masukan dari mereka, mungkin itu akan sangat membantu karena mereka akan menceritakan pengalaman baik buruk yang mereka alami saat menyusun skripsi. Namun anda juga tetap harus berhati-hati karena ada juga yang memang tidak sebaik yang anda harapkan, bisa saja dia berusaha untuk menjerumuskan anda (buka menuduh) namun anda harus tetap waspada.

5. Skripsi dulu baru bekerja
Ini adalah pengalaman admin sendiri, disemester kelima saya bekerja sambil kuliah karena keterbatasan keuangan yang dimiliki orang tua, namun masuk semester delapan saatnya fokus skripsi semua pekerjaan distop sementara dan akhirnya bisa wisuda tepat waktu.

Bekerja sambil kuliah memang baik, namun ada saatnya anda harus berhenti (cuti) sementara, saat bekerja usahakan menabung jadi saat semester akhir tiba saatnya anda fokus untuk skripsi (tugas akhir) dan meja hijau.

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahukan caranya agar cepat menyelesiaknan skripsi, saatnya action.


Tidak cukup dengan soal psikotes di atas, pelajari soal psikotes (lengkap) beserta jawabannya berikut ini (gratis) baca selengkapnya Soal Psikotes Lengkap



Jika masih ada yang belum dimengerti terkait tulisan kami di atas, silahkan tanyakan saja